Senin, 07 Januari 2013

The Next Computing Architecture and Structure


the next computing architecture and structure
Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Komputer telah menjadi bagian penting bagi manusia di era globalisasi ini, tak salah bila komputer banyak dicari oleh masyarakat.

.Apabila kita berbicara tentang komputer di masa depan memang tak ada habisnya. Kita dapat membayangkan ciri-ciri komputer di masa depan. Ciri-ciri komputer masa depan di antaranya adalah lebih canggih dan lebih murah serta memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihannya lagi, komputer memiliki kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan dari komputer yang ada dihadapan kita saat ini.
Konsep Perkembangan Komputer Generasi Masa Depan (Generasi Ke-VI)
Ada beberapa konsep mengenai perkembangan komputer masa depan. Beberapa sumber menjabarkan sebagai berikut :
1.      Komputer Optik
Komputer ini akan menggunakan partikel cahaya yang disebut photons. Ilmuan NASA telah mencoba untuk menggunakan cahaya dengan kecepatan yang sangat tinggi tanpa memperhitungkan hambatan udara. Dr. Donald Frazier telah melakukan penelitian terhadap blue laser. Beliau berkata bahwa apa yang didapat dari blue laser ini adalah perkembangan yang super cepat, super miniatur, super ringan dan biaya yang lebih rendah dalam operasi komputer dan komunikasi optik.
2.      Komputer Hologram
Komputer ini menggunakan hologram untuk pengoperasian. Bentuk komputer sudah tidak seperti generasi sebelumnya. Komputer dapat berbentuk arloji, pen dan sebagainya.
Fujitsu Corporation berencana membangun computer masa depan dengan sistem paralel vektor. Tujuannya adalah untuk mencapai teraflops. Pertumbuhan WAN menjadi ciri menonjol yang diharapkan oleh Fujitsu.
3.      Komputer Molekul
Sebuah proyek yang super dahsyat tengah dirancang oleh EMES Nanoscience and Picotechnology Group (GNS) yang mewacanakan untuk membuat sebuah komputer dengan ukuran sebesar molekul. Tahapan awalnya, saat ini mereka sudah berhasil merancang gerbang logika dengan 30 buah atom. Selanjutnya mereka akan melakukan penyusunan terkait teknologi, perancangan arsitektur, dan bahan kimia yang sangat fundamental untuk menghasilkan komputer dengan ukuran sangat kecil ini. Komputer super kecil ini akan banyak digunakan oleh kalangan industri, karena akan banyak menghemat biaya.
Arsitektur Komputer Generasi Masa Depan (Generasi Ke-VI)
Kemunculan-kemunculan dari generasi komputer pasti menghasilkan perubahan-perubahan yang signifikan mengenai arsitektur komputer. Hal tersebut bisa terjadi karena arsitektur komputer adalah bagian yang paling vital. Arsitektur komputer merupakan atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Komputer generasi ke-6 menggunakan sistem vector processor. Sistem vector processor ini mempunyai prinsip, yaitu adanya penggunaan dari beberapa buah processor yang dapat bekerjasama secara paralel. Sebenarnya sistem processor seperti ini sudah mulai diterapkan oleh komputer generasi ke-4 dengan processor generasi core dari Intel. Dengan kata lain komputer generasi ke-6 ini adalah penyempurnaan komputer generasi sebelumnya. Yang perlu diperhatikan disini adalah sedang dirintisnya suatu computer tanpa program (program less computer) pada komputer generasi ke-6. Hal ini berdampak pada semakin mandirinya suatu komputer karena dapat berjalan tanpa campur tangan dari seorang programmer.
Organisasi Komputer Generasi Masa Depan (Generasi Ke-VI)
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Organisasi komputer pada komputer generasi ke-6 mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hardware komputer yang mempunyai fungsi tertentu, seperti monitor, keyboard, mouse, speaker, maupun chasing beserta isinya tidak lagi digunakan. Fungsi-fungsi dari setiap hardware komputer tersebut nantinya akan digantikan oleh sebuah perangkat yang mempunyai kemampuan istimewa. Perangkat yang mini ini nanti berisi microchip yang mempunyai kemampuan sama dengan komputer, yang dapat memancarkan sinar hologram. Sinar hologram tersebut mempunyai fungsi, seperti menjadi screen display dan keyboard.
Apapun yang akan terjadi di masa depan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi komputer, yang jelas secanggih apapun kemampuan sebuah komputer tidak akan bisa mengalahkan kemampuan yang membuatnya, yaitu pikiran manusia.

0 komentar: