Pengertian
Ilmu Pendidikan
Ilmu pendidikan adalah
ilmu yang mempelajari serta memproses pengubahan sikap dan tata laku seseorang
atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran
daan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik.
Pengertian ilmu pendidikan disampaikan
oleh para pakar :
1. Prof.
Dr. N. Driyarkara : pemikiran ilmiah tentang realitas yang kita sebut
pendidikan (mendidik dan dididik). Pemikiran ilmiah bersifat kritis, metodis,
dan sistematis.
2. Prof.
M. J. Langeveld : suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui
betapa keadaanatau hakiki objek itu, melainkan mempelajari pula betapa
hendaknya bertindak. Objek Ilmu Pendidikan ialah proses-proses atau situasi
pendidikan.
3. Dr.
Sutari Imam Barnadib : ilmu pendidikan mempelajari suasana dan proses-proses
pendidikan. Menurutnya, perbuatan mendidik dan dididik memuat faktor-faktor
tertentu yang mempengaruhi dan menentukan:
ü adanya
tujuan yang hendak dicapai
ü adanya
subjek manusia
ü yang
hidup bersama daalam lingkungan hidup tertentu
ü yang
menggunakan alat-alat tertentu untuk mencapai tujuan.
4. Prof.
Brodjonegoro : teori pendidikan, perenungan tentang pendidikan. Dalam arti yang
luas ilmu pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari soal-soal yang
timbul dalam praktik pendidikan.
Macam-macam Ilmu
Pendidikan:
1. Teori
Pendidikan Sistematis.
Ilmu pendidikan sistematis juga
disebut ilmu pendidikan teoritis, adalah ilmu pendidikan yang menguraikan
masalah teori-teori yang digunakan sebagai landasan melaksanakan pendidikan.
Jadi ilmu pendidikan teoritis merupakan konsep-konsep tentang teori yang
digunakan sebagai landasan dalam melaksanaka pendidikan.
2. Ilmu
Pendidikan Praktis.
Jika ilmu teoritis menjawab
pertanyaan mengapa usaha tertentu harus dilaksanakan, maka ilmu pendidikan
praktismen jawab pertanyaan bagaimana sesuatu usaha itu harus dilaksanakan.
Katakanlah yang menjadi persoalan ialah pendidikan moral. Dalam persoalan ini,
ilmu pendidikan teoritis berusaha menjawab pertanyaan mengapa anak harus
mendapat pendidikan moral? Dengan kata lain, mengapa harus dilakukan pendidikan
moral? Sedangkan ilmu pendidikan praktis, mempersoalkan, bagaimana pendidikan
moral itu dilaksanakan.
3. Ilmu
Pendidikan Historis.
Usaha-usaha pendidikan itu telah
terdapat semenjak dahulu kala. Usaha-usaha ini berjalan terus menerus sampai
sekarang. Perkembangan usaha-usaha pendidikan ini sangat perlu diketahui dan
dikaji untuk dicari manfaatnya bagi usaha pendidikan dimasa sekarang.
Pengkajian atau studi tentang usaha-usaha pendidikan dimasa lampau itu,
dilakukan oleh ilmu pendidikan historis.
4. Ilmu
Pendidikan Komparatif.
Setiap negara di dunia ini pasti
melaksanakan usaha-usaha pendidikan. Uraian tentang usaha-usaha pendidikan yang
terdapat di negara-negara di dunia ini dihipun dalam ilmu pendidikan
komparatif. Jadi tugas ilmu pendidikan komparatif itu adalah melaksanakan
komparatif antara usaha-usaha pendidikan yang terdapat di negara atau
negara-negara lain.
5. Ilmu
Pendidikan Sosial.
Pendidikan Sosial itu adalah suatu
usaha membimbing seorang individu agar dapat hidup serasi dengan masyarakatnya
dan dapat mengambil atau melaksanakan usaha-usaha demi kemajuannya itu. Seperti
diktahui, setiap individu itu mempunyai dua aspek, yaitu aspek individu dan
aspek sosial, maka ilmu pendidikan sosial inilah yang memperhatikan aspek
sosialnya itu.
6. Ilmu
Pendidikan Nasional .
Adapun definisinya adalah pendidikan yang dilakukan
oleh sesuatu bangsa dan demi kepentingan kebangsaan itu sendiri. Uraian tentang
pendidikan nasional, diberikan di dalam ilmu pendidikan nasional, Uraian itu
biasanya meliputi masalah :Filsafatnya, Dasar
dan tujuannya, Administrasi
dan pendidikannya, Organisasi
sekolah serta Sejarahnya
0 komentar:
Posting Komentar