Sabtu, 07 Desember 2013

Pengantar Pendidikan : Macam-macam Ilmu Pendidikan


Pengertian Ilmu Pendidikan
Ilmu pendidikan adalah ilmu yang mempelajari serta memproses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran daan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik.
Pengertian ilmu pendidikan disampaikan oleh para pakar :
1.    Prof. Dr. N. Driyarkara : pemikiran ilmiah tentang realitas yang kita sebut pendidikan (mendidik dan dididik). Pemikiran ilmiah bersifat kritis, metodis, dan sistematis.
2.    Prof. M. J. Langeveld : suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui betapa keadaanatau hakiki objek itu, melainkan mempelajari pula betapa hendaknya bertindak. Objek Ilmu Pendidikan ialah proses-proses atau situasi pendidikan.
3.    Dr. Sutari Imam Barnadib : ilmu pendidikan mempelajari suasana dan proses-proses pendidikan. Menurutnya, perbuatan mendidik dan dididik memuat faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi dan menentukan:
ü adanya tujuan yang hendak dicapai
ü adanya subjek manusia
ü yang hidup bersama daalam lingkungan hidup tertentu
ü yang menggunakan alat-alat tertentu untuk mencapai tujuan.
4.    Prof. Brodjonegoro : teori pendidikan, perenungan tentang pendidikan. Dalam arti yang luas ilmu pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari soal-soal yang timbul dalam praktik pendidikan.


Macam-macam Ilmu Pendidikan:
1.    Teori Pendidikan Sistematis.
Ilmu pendidikan sistematis juga disebut ilmu pendidikan teoritis, adalah ilmu pendidikan yang menguraikan masalah teori-teori yang digunakan sebagai landasan melaksanakan pendidikan. Jadi ilmu pendidikan teoritis merupakan konsep-konsep tentang teori yang digunakan sebagai landasan dalam melaksanaka pendidikan.
2.    Ilmu Pendidikan Praktis.
Jika ilmu teoritis menjawab pertanyaan mengapa usaha tertentu harus dilaksanakan, maka ilmu pendidikan praktismen jawab pertanyaan bagaimana sesuatu usaha itu harus dilaksanakan. Katakanlah yang menjadi persoalan ialah pendidikan moral. Dalam persoalan ini, ilmu pendidikan teoritis berusaha menjawab pertanyaan mengapa anak harus mendapat pendidikan moral? Dengan kata lain, mengapa harus dilakukan pendidikan moral? Sedangkan ilmu pendidikan praktis, mempersoalkan, bagaimana pendidikan moral itu dilaksanakan.
3.    Ilmu Pendidikan Historis.
Usaha-usaha pendidikan itu telah terdapat semenjak dahulu kala. Usaha-usaha ini berjalan terus menerus sampai sekarang. Perkembangan usaha-usaha pendidikan ini sangat perlu diketahui dan dikaji untuk dicari manfaatnya bagi usaha pendidikan dimasa sekarang. Pengkajian atau studi tentang usaha-usaha pendidikan dimasa lampau itu, dilakukan oleh ilmu pendidikan historis.
4.    Ilmu Pendidikan Komparatif.
Setiap negara di dunia ini pasti melaksanakan usaha-usaha pendidikan. Uraian tentang usaha-usaha pendidikan yang terdapat di negara-negara di dunia ini dihipun dalam ilmu pendidikan komparatif. Jadi tugas ilmu pendidikan komparatif itu adalah melaksanakan komparatif antara usaha-usaha pendidikan yang terdapat di negara atau negara-negara lain.
5.    Ilmu Pendidikan Sosial.
Pendidikan Sosial itu adalah suatu usaha membimbing seorang individu agar dapat hidup serasi dengan masyarakatnya dan dapat mengambil atau melaksanakan usaha-usaha demi kemajuannya itu. Seperti diktahui, setiap individu itu mempunyai dua aspek, yaitu aspek individu dan aspek sosial, maka ilmu pendidikan sosial inilah yang memperhatikan aspek sosialnya itu.
6.    Ilmu Pendidikan Nasional .
Adapun definisinya adalah pendidikan yang dilakukan oleh sesuatu bangsa dan demi kepentingan kebangsaan itu sendiri. Uraian tentang pendidikan nasional, diberikan di dalam ilmu pendidikan nasional, Uraian itu biasanya meliputi masalah :Filsafatnya, Dasar dan tujuannya, Administrasi dan pendidikannya, Organisasi sekolah serta Sejarahnya

0 komentar: